Tips Bikin Portofolio Makeup di Instagram: MUA Pemula Wajib Tahu!

Hara Squad yang sedang merintis karir menjadi seorang Makeup Artist (MUA) pasti mengalami perjuangan yang tidak mudah. Namun, dengan adanya media sosial, kini menjadi MUA yang dikenal banyak orang bukan lagi sekedar impian. Jika jaman dahulu mencari jasa makeup artist hanya dari mulut ke mulut, kini dengan bantuan media sosial seperti instagram, cukup mencari melalui hastag atau mengetik kata kunci di kolom pencarian, kita sudah bisa menemukan MUA di daerah kita. 

Media sosial seperti instagram merupakan platform terbaik untuk menampilkan hasil makeup supaya lebih dikenal banyak orang. Sering upload hasil makeup ke media sosial juga bisa meningkatkan kepercayaan klien terhadap jasa makeup kita. Hasil makeup yang ditampilkan juga memudahkan klien dalam memilih mana yang paling sesuai dengan seleranya. Namun, persaingan yang ketat juga tidak bisa dihindari. Selain skill yang harus terus di upgrade, sebagai MUA penting sekali untuk memaksimalkan portofolio makeup agar hasilnya semakin bagus dan menarik minat klien. Lewat portofolio makeup yang menarik, kita bisa mengkomunikasikan ciri khas makeup kita dan membuat klien nggak berpaling ke lain hati. 

Kali ini Hara akan bagikan beberapa tips untuk membuat portofolio makeup jadi lebih aesthetic dan bikin klien jatuh hati. Tips ini juga bisa diikuti meski kamu masih pemula di dunia makeup, lho.

LIGHTING

Selalu perhatikan pencahayaan saat membuat portofolio makeup. Pencahayaan yang tepat akan membantu hasil makeup terlihat lebih tajam dan keluar warnanya. Kamu bisa gunakan ring light untuk membantu cahaya tetap stabil. Penting sekali bagi MUA untuk memiliki ring light yang memadai agar tetap mendapatkan cahaya yang merata dan bisa melakukan sesi foto dimanapun. Namun, bagi Hara Squad yang masih pemula dan belum memiliki ring light, kamu juga bisa menggunakan natural light, lho. Meskipun tricky, natural light juga bisa jadi alternatif untuk membuat hasil foto yang menarik. Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika menggunakan natural light / cahaya matahari. 

Tipsnya, hindari paparan sinar matahari langsung ke muka klien, karena sinar matahari yang langsung menembak ke muka akan memudarkan warna makeup, membuat makeup terlihat lebih berminyak dan menonjolkan tekstur muka sehingga hasilnya jadi nggak banget untuk difoto! Cari ruangan yang memiliki jendela dan arahkan posisi muka menghadap jendela. Pastikan posisinya lurus menghadap cahaya, karena jika terlalu kiri atau kanan, cahaya yang dihasilkan akan menjadi belang atau terang di satu sisi saja. 

CAMERA

Kamera juga berperan penting dalam menciptakan portofolio makeup yang menarik. Banyak orang yang menginvestasikan uangnya untuk upgrade kamera agar bisa mendapatkan hasil foto yang lebih tajam, dan warna yang sesuai. Namun, upgrade kamera juga memerlukan budget yang tidak sedikit. Bagi Hara Squad yang masih merintis, hal ini tentu sulit dilakukan. Namun kamu tetap bisa membuat hasil foto yang bagus, lho, meskipun hanya menggunakan kamera ponsel.

Triknya, kamu harus mempelajari tentang angle foto. Cari angle terbaik yang bisa memunculkan kelebihan dari makeup-mu. Kamera ponsel saat ini juga nggak kalah bersaing untuk mengambil gambar. Selebihnya, untuk warna dan tone yang ingin dikoreksi, bisa dilakukan saat proses editing.

EDITING

Sentuhan akhir agar bisa menciptakan hasil foto yang menarik, adalah dengan teknik editing. Setelah mengatur lighting dan angle foto, selanjutnya kamu bisa atur juga tingkat kecerahan dan warnanya melalui aplikasi edit foto. Edit foto ini juga bisa kamu lakukan hanya menggunakan ponsel, lho. Ada banyak aplikasi edit foto yang bagus dan bisa kamu unduh secara gratis seperti Lightroom, Snapseed, VSCO, Facetune, dan masih banyak lagi.

Pertama, atur tone atau tingkat kecerahan mulai dari brightness, contrast, saturation, highlight, shadows, hingga warmth. Kamu bisa memilih antara warm tone yang kekuning-kuningan, atau cool tone yang kebiru-biruan sesuai dengan selera. Pastikan tingkat kecerahannya stabil, tidak terlalu cerah atau terlalu gelap agar tidak merubah warna aslinya. Kamu juga bisa koreksi warna tertentu yang kurang sesuai dengan memilih ‘selective color’ pada aplikasi lightroom. 

Selanjutnya, kamu juga bisa memperhalus kulit muka dengan menggunakan aplikasi edit, lho. Jika klien memiliki tekstur muka yang berjerawat / berpori besar dan ingin dibuat lebih halus, kamu bisa sedikit menyamarkan menggunakan tools ‘healing’ di snapseed dan tap satu-per-satu bagian muka yang berjerawat / berpori besar. Kamu juga bisa mempertegas bagian serat alis, dan bulu mata supaya lebih detail dan nyata. Terakhir, jika highlighter yang kamu gunakan kurang tertangkap oleh kamera, kamu juga bisa menambahkannya dengan menggunakan ‘brush tools’ pada snapseed dan tingkatkan kecerahannya sedikit di bagian yang kamu highlight. 

Voila! Hasilnya jauh lebih cantik dan menarik, kan? Perlu diingat juga bahwa teknik fotografi dan editing ini hanya untuk menyempurnakan, bukan untuk merubah secara keseluruhan, ya.

Kalau Hara Squad punya tips lain dalam membuat portofolio makeup, bagikan di kolom komentar, yuk! 💜

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Invite & Earn

X
Signup to start sharing your link
Signup